baca juga

Jumat, 18 Mei 2012

Empat Langka Keberhasilan Manajemen


By : Asa
Ada bebrapa langka yang menentukan keberhasilan sebuah manajen dalam sebuah organisasi   diantaranya sebagai berikut:  
  1. Membuat planning


          Planing merupakan sebuah perencanaan yang ingin kita capai dn kita realisasikan di kemudian hari.                                   Yang mana setiap rencana membutuhkan pemikiran yang pokus, dan terarah. Yang pastinya renccana yang terbaik adalah rencana yang kemungkinan terealisasinya sangat besar.

         Planning ini sangat penting dalam setiap organisasi, perusahaan maupun instansi pemerintahan karna organisasi tidak akan berjalan dengan maksimal jika ditak ada perencanaan-perenacanaan yang matang dan terarah.

         Planning merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam sebuah organisasi karna organisasi tidak akan pakum tanpa ada planning.

  1. 2.       Mengkaji


       Setelah kita menetapkan planning selanjuknya kita melakukan pengkajian terhadap perencanaan yang kia rencanakan.pengkajian ini juga merupakan salah satu factor penentuh apakah planning yang kita rencanakan bisa kita realisasikan.

       Dalam pengkajian ini ada banyak factor pendukung yang mempengaruhi apakah planning yang kita rencanakan bisa kita lanjutkan atau bahkan akan kita hentikan.beberapa factor tsb diantanny seperti  factor ancaman, peluang, kelemahan dan kekuatan.

       Pertama, factor ancaman adalah sesuatu yang mengancam sebuah rencana yang ingin kita realisasikan . contohnya ketika kita mau melakukan kegiatan ini maka ini akan membahayakan kita. Jadi maksudnya apabila kita meneruskan rencana yang kita maka itu akan membahayakan diri kita sendiri.

       Kedua, peluang merupakan hal-hal yang memungkinkan kita untuk mendapatkan dan merealisasikan apaya yang kita rencanakan. Ketiga, kelemahan adalah kita mengevaluasi kembali apakah kita mampu dan dimana kelemahan kita jika kita terus melanjutkan rencana yang akan kita realisasikan tersebut.

       Dan yang terakhir kekuatan yang mana factor kekuatan ini merupakan factor penentu keberhasilan sebuah organisasi, semakin kuat maka semakin erhasillah sebuah orgnisasi tsb.

  1. 3.       Mulai lah dari diri sendiri


       Memulai dari diri sendiri merupakan pekerjaan yang sulit karna banyak sebagian orang hanya bisa mengatakan sesuatu yang tidak dia kerjakan. Dengan memulai dari diri sendiri kita akan tahu bagaimana sebenarnya situasi dan keadaan seseungguhnya sehingga kita mengetahui dimanah letak kesulitan dan permasalahannya.

      Mulai lah dari diri sendiri ketika diri kita sudah melakukannya barulah pantas jika kita mengajak orang lain melakukannya. Jangan sampai kita hanya bisa mengatakan apa apa yang tidak kita kerjakan (bohong).

      Dengan memulai dari diri kita sendiri akan dengan mudah kita mengetahui dan merencanakan planning penggantinya jika suatu saat planning yang pertama kagal maka kita punya planning yang keduanya.

  1. 4.      Muhasaba


       Setelah kita melakukan semua langka yang ada diatas sebaik kita memuhasaba diri kita sendiri dengan melakukan muhasaba mudah mudahan kita akan lebih yakin apa yang akan kita kejakan ini bisa sesuai dengan apa yang kita rencanakan.

       Muhasaba sendiri merupakan sarana kita untuk mempersiapakan diri dan mengevaliasi diri sendiri untuk mengejarkan sesuatunya dengan maksimal dan bisa mengukur angka keberhasilannya .

Jadi kesimpulanya adalah keberhasilan sebuah organisasi tak akan terlepas dari empat factor yang telah diuraikan diatas dan bukan salah satu diantaraya tapi keseluruhan.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar