baca juga

Jumat, 24 April 2015

Asupan Menjaga kesehatan Otak

Otak adalah tempat untuk menyimpan berbagai memori atau ingatan hidup kita serta merupakan alat berpikir yang jauh lebih baik dari pada otak binatang. Otak adalah satu organ vital yang ada pada tubuh mausia, maka sudah selayak kita untuk menjaga kesehatan otak kita.

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pikiran manusia, oleh karena itu terdapat kaitan yang sangat erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya

Otak pada manusia akan selalu terjaga dengan baik apabila kita jaga kesehatannya, karena otak manusia merupakan salah satu organ vital yang ada pada tubuh manusia.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otak manusia diantara salah satunya adalah Memberikan makanan yang baik untuk otak kita.

Ada beberapa makanan yang diketahui sangat bermanfaat bagi otak. Makanan-makanan itu dapat meningkatkan daya simpan memori, sekaligus merupakan makanan sehat.

Di laman Free Malaysia Today, Senin (21/9/2014) memuat makanan sehat tersebut adalah sebagai berikut :
1.       Minyak ikanPara ahli mengatakan bahwa minyak ikan seperti sarden, salmon, dan makarel, yang mengandung asam lemak omega-3, sangat baik untuk kesehatan otak. Mengkonsumsi minyak ikan dua kali seminggu dapat mengurangi risiko masalah otak serta mencegah hilangnya memori.
2.       Sayuran berdaunSayuran berdaun lebar berwarna hijau gelap baik untuk kesehatan secara keseluruhan, dan terkhusus sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Santaplah selalu bayam dan brokoli karena sayur-sayuran itu mengandung antioksidan, asam folat, beta-karoten, dan vitamin C. Semua penting untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.
3.       TelurKuning telur memiliki sejumlah vitamin dan mineral, yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Juga kaya akan zat besi untuk menciptakan sel-sel darah merah guna membawa oksigen ke otak. Telur akan membuat anda tetap fokus dan waspada. Telur mengandung vitamin B12 dan iodine, yang bermanfaat meningkatkan daya ingat.
4.       Teh hijauApakah anda tahu bahwa otak terdiri dari lebih dari 70% air? Itulah sebabnya kita mesti menjaganya agar tetap terhidrasi, sehingga otak tetap berfungsi dengan baik. Jika anda bosan menyeruput air, secangkir teh hijau dapat sebagai gantinya. Para ahli mengatakan, teh hijau meningkatkan kewaspadaan mental dan juga meningkatkan daya ingat. Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mengurangi risiko demensia.
5.       Coklat murni Coklat ini mengandung flavonoid yang dikenal meningkatkan keterampilan kognitif. Flavonoid membantu menciptakan neuron baru di otak dan meningkatkan kemampuan untuk membuat memori baru. Selain itu, coklat murni dapat meningkatkan aliran darah ke otak.*
Demikian penjelasan seputar menjaga kesehatan otak yaitu dengan memperhatikan asupan makanan yang sehat yang bisa menyehatkan otak kita. Semoga bermanfaat.

Sumber : hidayatullah.com 
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar