baca juga

Sabtu, 09 Januari 2016

Tips Membangun Tim yang Solid

Sebuah bisnis ataupun organisasi tidak akan mampu berkembang menjadi lebih baik jika didalam nya tidak ada tim yang solid. karena sejatinya kita akan selalu saling membutuhkan satu sama lainnya. seorang yang semangat bekerja butuh seorang lagi yang bisa mengkonsep kerja nya, orang yang lemah butuh orang yang kuat untuk melindunginya. dll.

Membangun tim yang solid memang tidak mudah, Namun seiring berjalanya waktu dan pembelajaran dari apa yang pernah kita alami kita akan menemukan tim yang solid. menurut saya ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan dalam membangun tim yang solid diantaranya:

1. Kesamaan visi dan misi
Visi dan misi kita harus sama dengan orang-orang yang berada didalam tim tersebut. jangan sampai diantara kita satu tim ini memiliki visi dan misi yang berbeda. maka jika visi dan misi saja sudah bedah gimana mau solid tim nya.

coba kita renungkan jika di dalam sebuah tim tersebut ada orang yang hanya memperkaya diri dan ada juga orang yang hanya mengejar jabatan, ada juga yang cuek-cuek saja.. kira - kira tim ini akan solid atau tidak? jawabanya sudah pasti tidak karena tujuan mereka saja sudah bedah otomatis target yang ingin mereka capai juga akan berbeda-beda.

Dengan persama visi dan misi maka gerak dan target kita akan sama, sehingga apa yang ingin kita capai juga sesuatu yang sama. dan dengan kesamaan visi dan misi inilah kita akan menjadi tim yang solid dan sukses dengan pencapaian bersama.

2. Bersediah di Coaching
Kita semua sepakat bahwa setiap orang pasti memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. ada orang yang otaknya cerdas dan ahli dalam merancang strategi namun dia memiliki kelemahan pisik, ada yang kuat secara pisik namun tidak memiliki kemampuan dalam mengelolah atau membina.

Jadi untuk dapat menjadi tim yang solid kita harus mau di coaching (dibina) sehingga dimana kekurangan setiap tim bisa di tutup-tutupi.

3. Keterbukaan
keterbukaan juga harus ada dalam membangun tim, sehingga tidak timbul prasangka - prasangka yang menghasilkan perkelahian, ketidak percayaan terhadap tim dan ini akan membuat tim yang kita bangun tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Ketidak terbukaan akan membuat tim kita hacur, makin timbul kecurigaan- kecurigaan yang menyebabkan kita berselisih paham, kalau sudah berselisih gimana mau solid tim nya yang ada malah ketidak percayaan dan menghancurkan tim itu sendiri.

Ketebukaan dalam membangun tim yang solid sangat dibutuhkan, dengan terbuka semua akan menjadi jelas, kekurangan, kelebihan, solusi dan penyelesaian akan selalu ada dari setiap masalah yang dihadapi.

4. Menghargai setiap Ide
dalam membangun tim yang solid dibutuhkan juga ide-ide dan kritik yang membangun, tapi bukan kritik dan ide untuk menjatuh kan orang lain ya loh. menghargai ide dan kritik akan bisa kan menguatkan tim yang sedang kita bangun.

ide dan kritik lah yang terkadang melahirkan gagasan yang lebih besar dan mensolidkan tim sehingga bisnis atau organisasi yang sedang kita perjuangkan menjadi lebih pesat kemajuannya. meski kita menghargai ide ini harus juga di imbangin dengan ketahanan konsep diri (prinsip diri) agar tidak ide-ide itu tidak keluar dari visi dan misi bersama di dalam tim.

5. Loyal
Dibutuhkan orang - orang yang loyal dalam membangun tim, mereka yang lebih banyak memberi dari pada menerima, mereka yang bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mencapai kesuksesan bersama, bukan mereka yang hanya mementingkan kepentingan pribadi diatas kepentingan tim.

Mereka yang loyal didalam tim akan sangat berperan dalam membangun kesolidan tim. tim ini akan solid jika setiap anggota tim memiliki loyalitas yang tinggi terhadap keberhasilan tim tsb.

Demikian tip dari saya untuk membangun tim yang solid, semoga bermanfaat dan selamat mempraktekannya.



#ayoolebihbaik
#aayoomandiri
#wearetim
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar