baca juga

Rabu, 21 Maret 2012

Kiat Sukses Menggapai Cita - Cita

Aprin Sani
Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia
KAMMI
Komisariat Batam (KOMBAT)

masih teringat dalam ingatan kita ketika kita masih kecil dulu, kita sering ditanya kalau sudah besar mau jadi apa? ketika ditanya hal seperti itu kita kadang bingung mau jadi apa nantinya tapi yang terbayang dalam benak kita adalah pastinlah punya banyak uang, rumah yang bagus, istri/ suami yang cantik/ tampan rupanya, punya kekuasaan,dan lain lain.
semua cita cita yang telah tertulis diatas adalah mimpi dan cita cita semua orang. cita cita yang dimimpi-mimpikan dan yang selalu diidamkan semua orang , sehingga semua manusia pastilah mempinyai mimpi tanpa terkecuali. namun cita cita yang dihadapi selalu penuh dengan tantangan.

  • Berpikir Luas, dengan ikhlas hati mau menerima nasehat dan petuah sehingga semakin menambah wawasan kita dalam menetapkan cita – cita tersebut.
  • Belajar dari pengalaman, karena pengalaman adalah sesuatu yang berharga dan merupakan guru yang baik dalam kehidupan, maka manusia harus bisa dan mempu mengambil hikmah dari apa yang telah dilakukan dimasa lalu, sehingga dapat menentukan arah yang tepat dalam menggapai cita – cita tersebut.
  • Jangan putus asa, tidak setiap cita – cita dan keinginan itu berhasil, maka kita harus tahu diri dan tidak cepat berputus asa, karena putus asa akan menghancurkan cita – cita itu sendiri, kegagalan anggaplah sebagai suatu keberhasilan yang tertunda.
  • Jangan Lengah, untuk mencpai suatu keberhasilan dalam hidup hendaknya kita selau waspada dengan bersikap siap dan tanggap dalam berbagai hal, kesempatan itu ibarat kekasih, hanya orang yang selalu memperhatikan yang dihampiri, namun jika kita terlambat akan disambut yang lebih tanggap dan siap, dan perlu diingat bahwa kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya.
  • Ingat jasa orang lain, dalam hidup ini kita tidak dapat berjalan sendiri tentunya harus interaksi sama orang lain, dan tidak akan mungkin kita berhasil tanpa bantuan dari orang lain, maka sekecil apapun bantuan dari orang lain itu kita mesti selalu mengingat dan mengenangnya yang dikemudian hari pasti akan bermanfaat.
Jika tujuh hal diatas kita mampu melaksanakannya, dengan sepenuh hati disertai dengan ke-ikhlas-an dan kepasrahan pada Yang Maha Kuasa, maka cita-cita kita untuk menjadi seseorang yang kita angankan akan menjadi lebih mudah dan jauh dari kata rumit dan sulit.
Reactions:

5 komentar:

  1. selamat pagi,,
    Saya fitri dari UPI, saya sangat menyenangi karya tulis anda karena dapat memberikan semangat dahsyat kepada setiap pembaca termasuk saya. Semangat dan mimpi merupakan bagian yang sangat penting dalam diri manusia karena tanpa kedua komponen tersebut manusia hanyalah sebuah robot yang sangat mudah dikendalikan oleh orang lain tanpa mengetahui identitas dirinya sendiri.
    Namun dalam kesehariannya, saya sering kali kehilangan semangat ketika usaha yang kita lakukan tidak sesuai dengan harapan kita. Hal ini menimbulkan rasa kecewa dan pesimis yang sulit untuk dihilangkan. bagaimana sikap yang harus saya lakukan ketika semangat itu ada tiba-tiba dipatahkan oleh hal yang tidak sesuai dengan harapan kita? mohon kiranya anda dapat membantu mindset saya agar lebih berusaha melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi,,

    BalasHapus
  2. selamat malam,
    mohon maaf sebelumnya karena baru bisa balas commentnya.
    saya sepakat dengan Fitri bahwa semangat dan mimpi mereupakan bagian terpenting yang harus dimiliki oleh manusia..
    jika kita ibaratkan dengan mata uang maka mata uang yang satu tidak akan berarti tanpa mata uang yang lain atau bisa juga kita analogikan dengan ruh dan jazad kita semuanya berkaitan dan tidak dapat terpisahkan.
    semua orang yang berada didunia ini sudah pasti perna merasakan kegagalan (semua yang dia diinginkan tidak sesua dengan harapan) dan kebanyakan orang yang berhasil didunia ini adalah orang yang banyak merasakan kegagalan.. kalo menurut mas agung (motivator) "untuk berhasil maka kita harus menghabiskan jatah gagal kita" karena semua orang memiliki jatah gagal yang sudah di tentukan oleh tuhan yang mahakuasa..

    ada beberapa tips yang barang kali bs membantu dek Fitri:
    1. untuk tetap semangat kita harus berpikiran positif
    berpikir positif merupakan cara yang ampuh untuk tetap semangat setiap hari meski apa yang kita lakukan belum sesuai dengan harapan, namun dengan bepikir positif misalkan mungkin ada yang kurang atau mungkin caranya yang kurang pas atau mungkin tuhan punya rencana yang lebih baik lagi dari ini. cara berpikir positif seperti ini yang akan kita tetap semangat.
    2. introspeksi & lakukan perbaikan
    banyak orang yang berhasil menemukan cara tersendiri untuk mengcapai keberhasilannya. mereka mengapai keberhasilanya dengan cara belajar dari kegagalan namun tetap istiqomah dengan apa yang ia cita2 kan dan melakukan perbaikan2 dari kegagalan yang telah lalu.
    3. memantaskan diri (cukupkan kapasitas)
    untuk menggapai sesuatu kita membutuhkan proses yang kadang tidak sebentar dan kadang ada beberapa hal yang harus kita lalui atau cukupkan. memantaskan diri (mencukupkan kapasitas merupakn salah satu syarat mengcapai harapan yang diinginkan.. kita tidak akan mendapatkan yang kita cita2kan jika kita tidak memenuhi kapasitas yang sesuai dengan yang kita harapkan.. misalnya seorang siswa yang belum cerdas ingin mendapatkan nilai yang bagus. ini tidak akan mungkin tercapai jika dia tidak memantas kan (mencukupkan kapasitasnya) untuk mendapat nilai yang bagus yaitu dengan belajar & memahami yang telah di ajarkan oleh gurunya maka dia akan mampu mendapatkan nilai yang bagus sesuai harapannya..

    semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak atas sarannya ka,,
    sekarang saya akan berusaha untuk tidak takut akan kegagalan, jika pada hakekatnya kegagalan itu menjadi bagian dari Hak kita dan dari banyaknya kegagalan itu pula kita akan semakin dekat dengan kesuksesan.
    semoga ketika kegagalan itu datang saya bisa berusaha bangkit lagi,,dengan tips dari kaka tadi.
    sangat bermanfaat sekali,,,
    Salam Super,,

    BalasHapus
  4. ya sama2...
    salam super perubahan

    BalasHapus