baca juga

Rabu, 10 Juni 2015

Persiapkan diri menyambut ramadhan



Jaulah Muda– Bulan suci ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Suka cita mewarnai umat Islam menyambut bulan yang penuh berkah tersebut. Hal ini ditandai dengan banyaknya iklan sirup di televisi-televiasi.

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang paling di tunggu tunggu oleh umat muslim di seluruh jagat raya ini. Bulan Suci Ramadhan ini juga sering disebut bulan berkat, bulan rahmat, bulan keampunan serta bulan yang punya banyak kelebihan.

Kedatangan bulan Suci Ramadhan ini hendaknya kita sambut dengan penuh rasa gembira karena didalamnya terdapat kelebihan dan keutamaan yang tidak ada pada bulan-bulan yang lain. Selain itu, Menyambut hari bahagia ini hendaknya kita dalam keadaan sehat, tentram dan juga sejahtera...

Lantas, Apakah kita sudah melakukan persiapan-persiapan dalam menyambut kedatangan bulan Suci Ramadhan dan bagaimanakan persiapan kita untuk menyambut bulan mulia tersebut?

Nah, mungkin ini bisa membantu anda semua dalam menyambut ramadhan yang ceria, diantaranya sebagai berikut: 
1.      Persiapkan Ilmunya
Agar ibadah-ibadah yang kita optimalkan dibulan ramdhan tidak sia-sia maka persiapkan ilmunya. Jangan sampai kita beramal tanpa ilmu apalagi berilmu tanpa beramal, kan sia-sia kalau ini yang kita lakukan selama bulan ramadhan.

Dalam sebuah riwayat menjalaskan Ummul mukminin, Ummu Abdillah, Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu dalam urusan agama kami yang bukan dari kami, maka dia tertolak”. (HR. Bukhari dan Muslim. Dalam riwayat Muslim: “Barangsiapa melakukan suatu amalan yang tidak sesuai perintah kami, maka dia tertolak.”)

Betapa merugi orang yang melakukan bid’ah, dia telah berusaha keras dan berpayah-payah namun pada akhirnya tidak membuahkan hasil apapun. Na’udzubillahi min dzalik. Semoga kita tidak temasuk didalam nya.

2.      Persiapkan bekal ruhiyah.
Bulan ramadhan menjadi bulan dimana semua amalan ruhiyah meningkat sangat dratis, namun akan lebih baik jika sebelum ramadhan kita sudah mempersiapkan dan membiasakan untuk menguatkan amalan ruhiyah kita seperti puasa sunah, shalat wajib berjamaah dimasjid bagi yang laki-laki. Sehingga ketika kita sampai pada bulan ramadhan kita sudah siap dan tidak kaget lagi dengan kegiatan amal karena kita sudah melakukannya sebelumnya.

Mempersiapkan ruhiyah ini juga akan membuat amalan-amalan kita di bulan ramadhan akan lebih berkualitas karna kita sudah mempersiakannya dan tidak seperti orang-orang yang hanya beramal ketika di bulan ramadhan saja.

Bentuk dari pengamalan-pengamalan dari ilmu adalah terbetuknya ruhiyah yang kokoh dan amalan-amalan yang berkualitas di adapan allah swt, dan ini lah yang selalu kita harapkan dari setiap yang kita yang kita kerjakan.

3.      Persiapan Fisik
Dibulan ramadhan akan banyak menguras tenaga kita, apalagi kalau kita menjalankan puasanya sambil bekerja dan kondisi cuaca yang sangat panas. Hhaaaa, anda bisa bayangin gak betapa menguras tenaga nya.

Maka dari itu ada baiknya sebelum bulan ramadhan tiba kita sudah mempersiapkan fisik seperti olaraga, menjaga pola makan dan pola tidur yang sehat. Sebelum ramadhan biasaan tidur terlalu malam kita kurangi, pililah makanan yang sehat sehingga tubuh kita teta fit dan fisik kita mampu bertahan dalam setiap kondisi di bulan ramahdan.

4.      Bergembira menyambut ramadhan
Ketika ramadhan tiba kita harus bergembira dan jika perlu kita ucapakan ‘selamat datang bulan ramadhan, bulan penuh berkah, bulan dilipat kan setiap amalan, dan lainnya’. Bersemangatlah dalam menyambut datangnya bulan ramadhan dan lebih bergairah untuk untuk melakukan amalan-amalan menyambut bulan ramadhan.

5.      Mempersiapkan target-target amal dibulan ramadhan
Ini yang terakhir kita harus merencanakan dan memiliki target amalan yang akan dilakukan di bulan ramadhan, sehingga ramadhan mu lebih berkualitas dan berkah. Targetan amal ini lah yang akan membuat anda lebih bergairah untuk meningkatkan kualitas ibadah di bulan ramadhan.

Selamat manyambut datangnya bulan suc ramadhan dengan semangat dan persiapan yang baik seperti sudah yang tertulis diatas. Semoga berkah dan bermanfaat dan ramadhan kita tahun ini lebih baik dari ramadhan tahun-tahun yang lalu.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar