baca juga

Senin, 01 Oktober 2012

Organisasi Auto Pilot

BY : ASA
Organisasi merupakan wadah bagi kita untuk mengasah kemampuan soft skill kita dalam berkominkasi dan mengembangkan kemampuan serta kreativitas individu kita dalam berinteraksi . kehadiran organisasi memang membarikan manfaat yang banyak bagi perkembangan dan kemajuan bangsa saat ini. namun tidak sedikit juga organisasi yang merugikan orang lain dan hanya menguntungkan satu atau dua orang saja.

Kampus yang menjadi ruang untuk mengembangkan kemampuan baik soft skill maupun hard skill kini kelihatanya lebih masif. kampus yang juga menjadi tempat berkumpulnya organisasi baik hima, ukm, bem dan bahkan organisasi eksternal kampus selalu membidik masyarakat kampus untuk dijadikan kelompoknya. disamping kerasnya persaingan organisasi baik internal maupun external kampus kadang membuat regenerasi organisasi terhambat. kenapa demikian ??? mungkin dikarnakan organisasi ini lebih banyak ditunggangi oleh orang-orang yang memiliki kepentingan namun tidak memiliki kemampuan dan kapabilitas membangun regenerasi selanjutnya, mereka hanya fokus pada kegiatan dan popularistas sesaat organisasi dan selanjutnya staknan.

Organisasi seperti ini bisa disebut organisasi auto pilot. Organisasi seperti ini akan terus berlanjut dan akan terus ada meskipun pemimpinnya staknan ataupun vakun dan sebaliknya anggotanya yang vakum dan hanya ketua nya dan beberapa sorang saja yang bekerja.

Organisasi yang sehat adalah organisasi yang berkesinambungan yang membutuhkan proses dan langka serta pembinaan yang terarah dan memiliki jenjang . sehingga mereka tau tugas dan pungsinya disebuah organisasi.

Menurut hasil pengamatan penulis organisasi yang sehat dan produktif bukan terletak oleh banyaknya jumlah anggota dan banyaknya kegiatan organisasi tsb tapi lebih ke apakah mereka memahami organisasi yang meraka ikut dan tanggung jawab dalam melaksanaakan tugas dan tanggung jawab organisasi dan melakukan serta merancang kegiatan itu secara continous dan terarah.

Satu hal yang sering dilupakan para organisator keberhasilan organisasi itu bukan terletak hanya pada ketuanya saja namun keberhasilan tersebut merupa keberhasilan bersama yang dilakukan secara bersama-sama. hanya saja ketua memiliki totalitas dalam mengambil kebijakan. kepandaian anda dalam menempatkan diri dan mecari relasi dan simpatisan yang mendukung organisasi anda merupakan salah satu penunjang kebersinambungan dan eksestansi organisasi.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar