baca juga

Kamis, 07 Mei 2015

Tips Membangun Team Work

Jaulah Muda, Keberadaan team work yang solid sangatlah penting dalam membangun sebuah teamwork dalam Bisnis, prusahaan dan Organisasi. Maju tidaknya sebuah bisnis atau organisasi sangat dipengaruhi oleh team work yang solid.

Semakin solid team yang mendukung sebuah bisnis atau organisasi, maka akan semakin besar pula peluang sukses yang dimiliki bisnis atau organisasi tersebut. Untuk menciptakan team work yang solid bukanlah perkara yang mudah, bagaimana upaya untuk menyatukan sifat dan karakter dari setiap individu yang berbeda menuju satu tujuan yang sama, membutuhkan tenaga, strategi dan waktu yang tidak sebentar. 

Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan untuk membangun team work handal ?
  1. Pilih anggota tim yangberkualitas
    Dari mulai team leader yang harus memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus, tim manajemen yang memiliki ide dan pandangan bisnis luas, sampai tim pelaksana yang memiliki keahlian dan pengetahuan di bidang bisnis yang Anda jalankan. Dengan demikian, semua anggota tim bisa saling mendukung dan berjalan bersama menuju cita-cita yang telah diimpikan.
      
  2. Satukan tujuan yang ingin dicapai
    Pastikan seluruh anggota tim mengetahui tujuan yang sebenarnya ingin dicapai tim tersebut. Jadi, seluruh individu yang terlibat di dalamnya merasa memiliki satu tujuan yang sama, dan seluruhnya memiliki tanggungjawab yang sama besar untuk mencapai tujuan mereka. 
    Cara tersebut juga akan memotivasi para anggota untuk saling berkoordinasi dan menjalankan peran masing-masing, sampai tujuan yang ingin dicapai.
  3. Tumbuhkan kebersamaan dan kepercayaan dalam tim
    Usahakan untuk saling berbagi kepada rekan satu tim dalam keadaan senang maupun duka, serta tumbuhkan rasa saling percaya dan rasa kebersamaan untuk saling peduli dan bekerjasama demi terwujudnya tujuan bersama.
  4. Lakukan perbaikan atau evaluasi secara berkala
    Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengetahui kinerja tim, kemampuan sebuah tim, serta keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai oleh
    tim tersebut. Dengan demikian kualitas sebuah tim akan semakin berkembang dengan adanya perbaikan dan evaluasi secara berkala.
Semoga tips ini, bisa memberikan inspirasi bagi Anda untuk selalu meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antar anggota tim guna membangun kerajaan bisnis atau organisasi Anda.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar