baca juga

Rabu, 06 Mei 2015

Air Terjun Batu Ampar Dabo Singkep


Jaulah Muda, Air terjun batu ampar Dabo singkep terletak 10 km dari pusat kota dabo. Batu ampar merupakan objek wisata air terjun dan sekaligus tempat pemandian. 

Tempat yang terletak dikaki gunung muncung ini memiliki aliran air yang deras dan jernih dengan hamparan bebatuan disepanjang alirannya ditambah nuansa hutan yang masih alami membuat suasana sejuk dan tenang begitu terasa ditempat ini. 

Disni ada beberapa bungalo sebagai fasilitas yang dibangun pemerintah daerah sebagai tempat bersantai, dan saat ini sedang dilakukan perbaikan sarana kolam pemandian di tempat tersebut. 

Tidak ada yang mengetahui pasti asal muasal nama batu ampar namun menurut orang-orang tua yang berada di pemukimam masyarakat yang paling dekat dengan lokasi Air terjun tersebut yakni Desa air salak, nama batu ampar diberikan karna di sepanjang aliran air tersebut dahulunya banyak sekali batuan yang berhamparan,mungkin karna kebiasaan penyebutan kata yang ringkas dan cepat pada akhirnya orang menyebutnya dengan kata batu ampar. 

Batu ampar menjadi pilihan yang mengasikkan bagi yang ingin menikmati nuansa hutan yang alami dan sejuk ataupun bagi yang bertujuan untuk mandi menyegarkan tubuh dengan airnya yang sejuk dari cuaca siang yang begitu panas dan menggerahkan. 

Selain itu pula ditempat ini ada kolam pengembang biakan ikan air tawar milik bapak Hamdi. berbagai macam ikan air tawar yang ada disitu diantarany ikan Nila,Bawal darat,Patin,Mas koi,dan Toman. bagi anda yang ingin menikmati ikan bakar, kantin milik bapak hamdi inipun menyediakannya dan andapun dapat memilih dan mengambil ikannya sendiri dari kolam yang tersedia. 

Batu ampar merupakan pilihan yang sayang untuk dilewatkan jika kita sedang berada di kota Dabo Singkep. meski banyak pilhan objek wisata lainnya didabo.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar