Tips Menjaga kesehatan Selama Ramadhan

Tidak ada komentar


“Berpuasalah niscahya kamu akan sehat”

Ini merupakan ungkapan motivasi dalam mengjak kita untuk bersemangat dalam menjalan ibadah puasa. Semangat ini seharusnya lebih menggelorah ketika kita mengamalkan puasa di bulan suci ramadhan. Dibulan suci ramadhan ini semua amalan akan dilipat gandakan ganjarannya.

Mulai hari ini kita sudah memasuki bulan ramadhan, bulan penuh berkah dan rahmat. Sebuah hari yang ditunggu-tunggu oleh umat islam di seluruh dunia, tanpa terkecuali. Dalam ramadhan, stiap orang diwajibkan berpuasa terutama bagi yang sudah akil baligh.

Puasa tidak hanya sebatas menahan lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenam matahari, tapi lebih dari itu. Puasa adalah menahan segala sesuatu dari yang membatalkannya dan memperbanya amalan yang mendekatkan diri kepada allah swt. Di bulan yang penuh rahmat yang didambakan sangat banyak penuh dengan kemuliaan.

Agar keberkahan dan kemulian dibulan ramadhan ini bisa kita raih, tentunya kita harus bisa menjaga kesehatan di bulan ini. Kenapa kita harus menjaga kesehatan?. Alasannya sederhana adalah agar kita bisa beraktivitas secara maksimal dalam keadaan berpuasa dan juga agar puasa kita berjalan dengan baik.

Bukankah dengan tubuh yang sehat, puasa lancar, aktivitas harian anda juga lancar?
Disini, kami akan berbagi beberapa tips menjaga kesehatan di bulan puasa.

Baiklah, langsung ke tips menjaga kesehatan di bulan puasa:
1. Istirahat yang Cukup
Menjaga tidur malam adalah hal penting yang harus anda perhatikan dalam menjaga kesehatan di bulan puasa. Tidur malam yang baik diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh anda untuk aktivitas di hari berikutnya. Tapi, jika anda merasa kurang cukup tidur. Gunakan waktu siang untuk tidur,tapi jangan sampai hal itu menganggu aktitas anda di siang hari.

Usahakan agar tidak terlalu malam tidurnya di bulan ramadhan, kurangi waktu-waktu yang tidak penting. Optimalkan kan waktu di malam hari untuk meningkatkan ibadah seperti qiyamul lail, sahur, tilawah, dan juga untuk istirahat.

2. Berolahraga
Cara menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah olahraga. Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh anda bisa terjaga. Olahraga yang dilakukkan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukkan orang setelah sahur.

Olaraga juga menjaga kebugaran tubuh, dan menjaga agar tubuh kita tidak lemas karena tidur sehabis sahur atau setelah shalat subuh.

3. Kebiasaan Makan Sehat
Tips menjaga kesehatan di bulan puasa berikutnya adalah menjaga kebiasaan makan yang sehat. Dalam berbuka, jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Pada saat sahur, usahakan agar anda tidak bangun telat.

Usahakan agar anda tidak makan terlalu cepat atau terlambat saat sahur. Ini penting karena makan terlalu cepat bisa berakibat tidak baik, dan jika tidak sahur terus-terusan juga berakibat tidak baik, serta berlaku juga pada saat berbuka puasa.

Biasakan berbuka dengan yang manis-manis atau degan air putih kalau tidak ada yang manis-manis, lalu kemudian baru makan berat.

4. Perbanyak minum Air Putih
Tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang kedua adalah mengurangi konsumsi seperti kopi, teh, minuman bersoda. Coba kurangi sekali untuk dua hari atau terserah manajemen anda. Hal ini penting untuk meminimalkan datangnya sakit kepala saat anda sedang berpuasa.

Alternatifnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Dalam sehari anda bisa minum 8-10 gelas air putih dan itu dibagi untuk buka dan sahur karena kebutuhan tubuh kita membutuhkan air sebanyak itu perhari.

5. Menjaga Pola makan
Selama bulan ramadhan, untuk menjaga kesehatan di bulan puasa buatlah perencanaan daftar makanan yang akan anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Hal ini bertujuan agar anda tidak bingung menentukan menu makanan sahur dan berbuka setiap hari.

Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang dalam berbuka dan sahur dan hindari Junk Food karena efeknya tidak baik untuk kesehatan anda.

6. Konsultasi ke Dokter
Jika anda punya masalah kesehatan, anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Konsultasikan tentang keluhan anda, dan minta tips kepada dokter bagaimana pola makan yang cocok, serta bagaimana agar anda bisa menjalankan puasa dengan baik. Dengan begitu, tujuan anda untuk menjaga kesehatan di bulan puasa akan tercapai.

Semoga 6 tips menjaga kesehatan di bulan puasa diatas berguna untuk anda. Lakukkan dengan tepat, dan anda akan bisa menjaga kesehatan di bulan puasa.

semoga ber manfaat, dan anda bisa menjalankan puasa dengan sehat serta ibadah anda berkah.

Komentar