baca juga

Jumat, 08 Juli 2016

Agar Tetap Sehat Pasca Lebaran

Jaulah muda, Budaya lebaran adalah budaya silahturahmi dengan berkunjung ke rumah sanak keluarga dan kerabat. Pada saat berkunjung ini biasanya mengomsumsi berbagai makanan dan minuman yang dihidangkan. Ada rasa tidak enak jika kita tidak mencicipi makanan yang disediakan. Dan  pada umumnya makanan dan minuman yang di hidangkan pun mengandung tinggi lemak, manis dan asin.

pada umumnya kue-kue yang dihidangkan pada saat lebaran pun mengandung kalori yang tinggi. Bahan-bahan pembuat kue hidangan pada saat lebaran seperti kuning telor, santan dan lainnya mengandung kalori yang tinggi. 

Hidangan makanan juga banyak yang mengandung santan, sekali lagi makanan yang bersantan juga mengandung lemak. Apalagi jika makanan tersebut dimasak berulang-ulang sehingga lemak jenuhnya semakin tinggi dan ini sudah pasti  tidak baik untuk kesehatan.

Bukan hanya makanan, minuman pun biasanya mengandung kalori tinggi karena manis. Tentunya makanan-minuman ini jika dikonsumsi oleh seseorang  yang sudah mempunyai penyakit kronik akan menyebabkan penyakitnya mengalami kekambuhan. Misalnya saja pasien diabetes, hipertensi, atau hiperkolesterol.

Kalau pasien yang sudah obesitas dan jika saat berpuasa sudah mengalami penurunan berat badan, sehabis lebaran cenderung berat badannya kembali seperti sebelum Puasa dan jika makannya tidak terkontrol selama lebaran bahkan berat badannya akan bertambah melonjak.


Oleh karena itu, pada minggu pertama-pertama setelah lebaran pasien-pasien yang datang ke unit gawat darurat  RS karena diare, serta berbagai penyakit kronis yang mengalami kekambuhan.

Antisipasi dengan berbagai penyakit pasca lebaran merupakan hal yang
penting. Batasi makanan yang terlalu asin atau terlalu manis. Minumlah air putih yang cukup, apalagi dengan kondisi kemarau saat ini. Kurangi minuman yang dingin dan goreng-gorengan yang akan mengiritasi saluran pernapasan kita. Sehingga pada saat harus beraktifitas kembali pasca lebaran tetap berada dalam keadaan sehat wal afiat.

Ada beberapa tips agar tetap sehat pasca lebaran yaitu:

1. Pilihlah makanan dan minuman yang tidak mengandung kalori yang tinggi seperti santan, coklat, keju, kue manis dll.
2. perbanyak minum air putih
3. makan dan minumlah secukupnya jangan berlebihan. Jika merasa sudah full atau kenyang berhentilah.
4. tetap melakukan aktivitas olahraga agar tubuh tetap seimbang.
5. istirahat yang cukup.
6. jika sudah terlanjur banyak memakan makanan yang mengandung kalori tinggi, usahakan imbangi dengan memakan buah-buahan dan sayur-sayuran.


Selamat mencoba dan semoga sehat selalu. aamiin
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar