baca juga

Senin, 04 Januari 2016

Menggelorahkan semangat pergerakan pemuda kampung

Ada kata yang kembali terngiang-ngiang di ingatan ku, kata yang memberi spirit dan motivasi untuk terus memberi kontribusi dalam membangun dan menebar kebaikan di muka bumi ini.

"jika kamu tidak mampu merubah ke adaan, maka putuskanlah mata rantai ketidak mampuan itu yaitu dengan memunculkan harapan lahirnya generasi perubahan"

seperti yang dikisahkan oleh nabi muhammad saw ketika beliau hijrah ke Thaif, ketika itu beliau dilempari batu hingga berdarah-darah dan kemudian datang malaikat penjaga gunung yang menawarkan akan membinasakan penduduk Thaif dengan di timpahkannya gunung tersebut kepada penduduk thaif, namun betapa bijaknya sang kudwah hasanah di melarang malaikat tersebut melakukannya dan malah mendoakan agar nanti lahir dari generasi thaif yang memperjuangkan ad dien ini dari tulang sulbi penduduk thaif.

ini memberikan pelajaran kepada kita agar selalu optimis akan lahir generasi-generasi pembaharuan yang akan memberi kebermanfaatan dan menebar kebaikan di bumi ini. sehingga menggantikan generasi perusakan dan tamak.

"bergerak atau tergantikan" 

ya ungkapan ini juga populer di antara kita, kata-kata ini mengisayaratkan kepada kita bahwa kita tidak akan mungkin menjadi lebih baik jika kita hanya diam saja dan berpangku tangan tanpa melakukan gerak-gerakan perbaikan, seperti kata nabi saw:

"tuhan tidak akan berubah suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubah nya"(mutafakun 'alaihi) 

nasehat ini kiranya tepat untuk kita ambil pelajaran karena kita tidak berubah tanpa adanya niatan dari dalam diri kita sendiri yang ingin merubahnya. dan kebobrokan pemuda di jaman sekarang ini tidak akan berubah menjadi pemuda yang produktif dan mandiri jika para pemuda itu sendiri tidak mau mengubahnya.

ayooo kita menjadi pemuda yang lebih prosuktif dan mandiri. hal ini bisa terwujud jika ada dukungan dari orang tua dan masyarakat sekitar serta dukungan moril maupun non moril dari pemerintah setempat.

#ayoolebihbaik
#ayoomandiri
#keephamasahyoungers
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar